= Panglima TNI Bersama Kabarhakam Polri Kunjungi Isoter RSUD Al Ihsan dan Wisma Atlet Stadion Si Jalak Harupat - Nuansa Metro

Panglima TNI Bersama Kabarhakam Polri Kunjungi Isoter RSUD Al Ihsan dan Wisma Atlet Stadion Si Jalak Harupat


Foto : Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,S.IP bersama Kabarhakam Polri Komjen.Pol.Arief Sulistyanto beserta rombongan saat kunjungi ke Wisma Atlet di Stadion si Jalak Harupat.

www.nuansametro.co.id - Bandung
Bertempat di Wilayah Teritorial Kodim 0624/Kab Bandung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,S.IP bersama Kabarhakam Polri Komjen.Pol.Arief Sulistyanto beserta rombongan kunjungi RS Al Ihsan Kecamatan Baleendah  dan Wisma Atlet di Stadion si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin, Sabtu (24/07/2021).

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.IP dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arif Sulistyanto ke RSUD Al Ihsan Baleendah dan Wisma Atlit Jalak Harupat dalam rangka peninjauan tempat isoter (Isolasi Terpusat) di wilayah Bandung Raya.

Dalam kegiatan kunjungan Panglima TNI dan Kabaharkam Polri, dihadiri Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna, S.IP, M.Si, Komandan Lanud Sulaiman Kolonel.Pnb.Muhammad Nurdin, Kapolresta Bandung Kombes.Pol.Hendra Kurniawan, Kadinkes Kab Bandung Dr. Grace, Dirut RSUD Al Ihsan DR. Dewi Basamala Gatot, Danrem 062/Tarumanegara Kolonel Inf M. Muchidin, S.Sos, dan Komandan Kodim 0624/Kab Bandung Letkol Arh Dhama Noviang Jaya, serta para Kabalak Jajaran Korem 062/Tn.

Selain itu juga dihadiri Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, Perwakilan OPD Provinsi Jabar, Para Asisten Jajaran Kodam III/Slw, dan Para PJU Polda Jabar.

Dalam rombongan Mabes TNI, dihadiri langsung Panglima TNI,Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, Pangkogabwilhan II,Marsdya TNI Imran Baidirus, Asops.Panglima TNI, Mayjen TNI Syafrudin, Aster Pangla TNI, Mayjen TNI Madsuni, Kapuspen TNI,Mayjen TNI Prantara Santoso, Kapuskes TNI,Mayjen TNI Tugas, Kababek TNI,Marsma TNI Sugeng Wiwoho, Marsda TNI (Purn) Kukuh, Mayjen TNI (Purn) Gunawan Paki, Marsda TNI (Purn) Wahab, Dir C Bais TNI, Koorsmin Panglima TNI, Kolonel Pnb David Yohan T, dan ADC Panglima TNI.

Sedangkan rombongan dari Polri, dihadiri Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arif Sulistyanto, Pati Polri, Kapusdokkes Polri, Brigjen Pol Dr.Rusdianto, Koorspri Kabaharkam, Sekpri Kabaharkam, ADC Kabaharkam, serta Ba Dokumentasi Polri.

Rombongan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dihadiri Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, Koorsmin BNPB, ADC Kepala BNPB, serta Staf BNPB.

Rangkaian Kegiatan kunjungan Panglima TNI dan Kabaharkam Polri, diantaranya pukul 14.20 wib Panglima TNI beserta rombongan tiba di RSUD Al Ihsan Baleendah langsung disambut oleh Danrem 062/Tn, Kolonel Inf. M. Muchidin, S.Sos, Muspida Kabupaten Bandung dan menerima paparan singkat dari Dirut RSUD Al Ihsan Dr.Hj.Dewi Basalama Gatot tentang kesiapan Isoter.

Dalam pemaparan singkatnya, Dirut RSUD Al Ihsan mengatakan kepada Panglima TNI dan Kabaharkam Polri sarana dan prasarana yang ada di RSUD Al Ihsan, diantaranya :
1. Jumlah total bed : 500 bed.
2. Jumlah bed Covid : 271 bed (Sedang 249 bed, berat 22 bed).
3. Komposisi Nakes 70 % dari total karyawan. (Jumlah Dokter 175 + perawat 350).
4. Alat kesehatan : (O2 ada 2 sumber : Central liquid dan generator Oksigen)

Setelah menerima paparan singkat dari Dirut RSUD Al Ihsan, Panglima TNI beserta rombongan melaksanakan peninjauan Gedung di sekitar RSUD Al Ihsan dilanjutkan Video Confrence (Vicon) dengan perwakilan pasien yang sedang di isolasi.

Pukul 14.40 wib, Panglima TNI beserta rombongan meninggalkan RSUD Al Ihsan menuju Wisma Atlit Jalak Harupat.

Pukul 15.10 wib, Panglima TNI beserta rombongan tiba di Wisma Atlit Jalak Harupat di sambut oleh Danrem 062 / TN Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos. dan langsung melakukan pengecekan Kamar Isolasi terpusat Pasien Covid 19 hingga pukul 15.27 wib.

Dalam peninjauan ke lokasi Wisma Atlet Stadion si Jalak Harupat, Panglima TNI dan Kabaharkam Polri beserta rombongan melihat langsung fasilitas yang ada di Wisma Atlet Stadion si Jalak Harupat, diantaranya
Luas bangunan seluas 3,290 M2, Jumlah lantai : 3 lantai, Jumlah kamar sebanyak 44 kamar, dan Jumlah ruang pendukung : Lantai 1 sebanyak 7 ruangan, Lantai  2 sebanyak 2 ruangan, dan Lantai 3 sebanyak 2 ruangan.
Biar masyarakat Kab Bandung tahu khususnya dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya, RSUD Al Ihsan memiliki 1 Tabung oxigen dengan kapasitas 11 ton di isi setiap hari dengan kapasitas 8 sd 10 ton menurut keterangan Kabag umum RS Al Ihsan Asep.

Bahwa ketersediaan oxigen di RSUD Al Ihsan tercukupi untuk kebutuhan pasien Covid-19 dengan jumlah ruangan yang disiapkan untuk Isoter sebanyak 30 Tempat Tidur.

Upaya pemerintah sudah cukup maksimal namun tetap perlu penanganan yang profesional oleh tenaga kesehatan/medis diharapkan dapat mengantisipasi/pengobatan sekaligus memutus mata rantai penyebaran covid 19.

Diharapkan dengan adanya tempat Isoter bisa bisa menurunkan kasus angka Covid 19 khusunya diwilayah Kabupaten Bandung.

Wisma Atlit Jalak Harupat di Kab. Bandung yang dijadikan tempat isolasi terpusat untuk mengurangi beban dari kapasitas di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC). (Purwadhi-JSI).