= Normalisasi Irigas di Dua Dusun di Kecamatan Rengasdengklok, Sesuai Yang di Harapkan Petani dan Warga - Nuansa Metro

Normalisasi Irigas di Dua Dusun di Kecamatan Rengasdengklok, Sesuai Yang di Harapkan Petani dan Warga


Foto : pekerjaan normalisasi irigasi di dusun Tegalasem, Desa Kertasari, Rengasdengklok.

www.nuansametro.co.id - Karawang Pelaksanaan normalisasi saluran air irigasi di 2 Dusun di kecamatan Rengasdengklok sangat dinantikan oleh warga sekitar. Dikarenakan dengan dilaksanakan normalisasi, maka saluran air yang tadinya lambat akan lancar dan tentunya akan menghindari luapan air yang akan mengakibatkan melubernya air irigasi terhadap lahan warga.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang, melalui pihak ketiga akhirnya melakukan pekerjaan Normalisasi irigasi yang diharapkan oleh warga Rengasdengklok Utara itu. 

Proyek pekerjaan normalisasi irigasi tersebut dilaksanakan di Dusun Tegalasem Desa Kertasari dan di Dusun Balongjambe Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. 

Menurut warga setempat bernama Cece, pekerjaan normalisasi itu memang yang diharapkan warga. Karena dengan adanya normalisasi irigasi, pedangkalan irigasi akan teratasi, sehingga luapan air irigasi ke lahan warga juga akan berkurang.

"Memang adanya pekerjaan normalisasi irigasi ini sangat diharapkan warga. Karena itu akan mengurangi adanya luapan air dari irigasi ke lahan warga yang berada dekat dengan saluran irigasi" ujar Cece warga Tegalasem.

Selain warga Tegalasem, juga warga Balongjambe pun merasakan hal yang sama. Mereka merasa bersyukur dengan adanya proyek pekerjaan normalisasi irigasi itu.

Foto : Pekerjaan normalisasi irigasi di dusun Balongjambe Desa Rengasdengklok Utara, Karawang.

Mereka mengatakan, dengan adanya normalisasi ini arus air menuju pesawahan mengalir dengan lancar di saat para petani membutuhkannya, juga tidak akan mengakibatkan banjir dikala hujan turun.lagi.

Seperti penuturan Acim selaku warga Dusun Balongjambe, dirinya amat bersyukur dengan adanya normalisasi irigasi diwilayahnya.

"Mudah-mudahan, kalau musim hujan tidak meluap lagi air nya ke pekarangan rumah saya, pak. Kami warga desa Kertasari dan desa Rengasdengklok Utara sangat berterima kasih kepada pemerintah desa dan pemerintah daerah yang telah merealisasikan harapan para petani dan masyarakat, ini merupakan bentuk kepedulian kepada para petani dan warganya" ujar Acim.

Sementara itu, Otoy selaku pelaksana pekerjaan normalisasi di dua desa, saat di temui nuansametro.com ditempat pekerjaan normalisasi, mengatakan, bahwa dirinya sangat senang ketika ada awak media datang melihat pekerjaan ini. 

"Kami merasa senang dengan kedatangan awak media. Karena saya mengerti, wartawan itu menjalankan tugasnyan sebagai sosial kontrol, memantau pekerjaan normalisasi yang sedang kami kerjakan. Terimakasih ya kang" ucap Otoy ramah.

Kata Otoy, kegiatan normalisasi di dua Dusun dan masuk dua Desa ini memang sangat diharapkan oleh warga. Karena menurut warga, irigasi disini sudah sangat dangkal dan bila turun hujan, air irigasi sering meluber ke pekarangan rumah warga.

 "Ketika saya ngobrol dengan warga di kedua dusun itu memang benar, bila hujan turun air dari irigasi sering meluber ke pekarangan rumah warga. Makanya warga di dua dusun tersebut sangat merasa senang ketika ada pekerjaan normalisasi irigasi ini" imbuhnya. (Rojak)

Posting Komentar untuk "Normalisasi Irigas di Dua Dusun di Kecamatan Rengasdengklok, Sesuai Yang di Harapkan Petani dan Warga"