= 3.6 Ton Narkoba Jenis Sabu Jaringan Internasional, di Musnahkan Bareskrim Polri - Nuansa Metro

3.6 Ton Narkoba Jenis Sabu Jaringan Internasional, di Musnahkan Bareskrim Polri


Foto : Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan pers nya, Selasa (13/7/2021).

www.nuansametro.co.id - Jakarta
Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri musnahkan 3,6 ton narkoba jenis sabu jaringan internasional Timur Tengah-Nigeria-Malaysia-Indonesia, pada hari Selasa (13/7/2021).

"Hari ini akan kita musnahkan 3,8 ton sabu hasil penindakan yang dilaksanakan secara sinergi, yang bukan hanya melibatkan institusi Polri, tapi melibatkan kementerian dan lembaga lainnya," kata Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan pers nya, Selasa (13/7/2021).

Dalam kasus tersebut, kata Agus, pihaknya telah menetapkan 23 Tersangka.

Menurutnya, penindakan ini diperlukan untuk mencegah bahaya narkoba untuk generasi muda Indonesia

"Kasus seperti ini yang bisa merusak generasi penerus bangsa. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa kita lakukan bukan hanya untuk mencegah dan menanggulangi peredaran gelap narkoba, tapi juga untuk menyelamatkan generasi bangsa dari narkotika," Terangnya.

Diwaktu yang sama, Dirtipidnarkoba Brigjen Krisno Halomoan Siregar mengungkapkan narkoba jenis sabu ini disita dari berbagai tempat terpisah.

Kata Brigjen Krisno, barang bukti yang paling banyak disita berasal dari jaringan Timur Tengah-Indonesia.

"Rinciannya, 1,3 ton narkotika jenis sabu yang berasal dari jaringan Timur-Tengah Indonesia. Barang ini disita dari 7 orang tersangka yang merupakan sindikat Aceh-Jakarta-Makassar oleh tim Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri" ungkap Brigjen Krisno.

Kemudian, narkotika jenis sabu 1,2 ton jaringan Timur Tengah Indonesia. Barang ini disita dari 10 tersangka yang berasal dari sindikat Aceh Jakarta oleh Tim Satgas Merah Putih.

Berikutnya, narkotika jenis sabu 1,1 ton jaringan Malaysia-Indonesia yang disita dari 6 orang tersangka sindikat Aceh-Jakarta oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat.

"Barang bukti narkotika jenis sabu yang akan dimusnahkan dengan total berat 3,629 ton. Disita dari tersangka berjumlah 23 orang," jelasnya.

Lebih lanjut Krisno menegaskan, pemusnahan sabu dilakukan sebagai bentuk transparansi terhadap publik. Pemusnahan dilakukan di 3 tempat yakni di Lapangan PTIK, RS Korps Brimob Kelapa Dua Depok, dan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

"Pemusnahan narkotika jenis sabu ini dilakukan secara seremonial di lapangan PTIK, kemudian dilanjutkan ke RS Korps Brimob Kelapa Dua Depok, dan RSPAD Gatot Subroto Jakarta. (Dimusnahkan) dengan cara dibakar menggunakan alat inserenator suhu tinggi," pungkasnya. (NP)

Posting Komentar untuk "3.6 Ton Narkoba Jenis Sabu Jaringan Internasional, di Musnahkan Bareskrim Polri"