= Soal RS Helsa Cikampek, Asep Agustian : "Wakil Rakyat di Gedung DPRD Karawang, Jangan Cuma Omdo Deh!" - Nuansa Metro

Soal RS Helsa Cikampek, Asep Agustian : "Wakil Rakyat di Gedung DPRD Karawang, Jangan Cuma Omdo Deh!"


Foto : Asep Agustian, S.H.,M.H.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Polemik terkait Rumah Sakit Helsa Cikampek terus bergulir. Para aktivis dan pemerhati sosial di Kabupaten Karawang terus mengkritisi kasus berbayar pasien covid-19 di Rumah Sakit Helsa Cikampek. Praktisi hukum dan pengamat pemerintahan, Asep Agustian, S.H.,M.H terus menekan pihak eksekutif dan legislatif untuk memproses RS Helsa Cikampek.

Menurut Asep Agustian, sikap membandelnya RS Helsa Cikampek yang memungut biaya administrasi kepada pasien covid-19 diduga telah melanggar SOP rumah sakit yang menjadi rujukan pasien covid-19.

"Bagaimana tidak, dari semua rumah sakit swasta di Karawang yang menjadi rujukan pasien covid-19, diduga hanya RS Helsa Cikampek yang memungut biaya administrasi kepada pasien" ungkap Asep kepada nuansametro.ci.id, Rabu (30/6/2021).

Asep juga menyindir pihak Komisi IV DPRD Karawang yang diduga hanya omong doang (omdo). Selayaknya, Komisi IV DPRD Karawang jangan hanya sekedar membuat statement di media masa saja. 

Foto : RS. Helsa Cikampek.

"Segera panggil itu rumah sakit Helsa, untuk dimintai pertanggungjawaban. Kasian masyarakat kalau jadi pasien covid-19 harus berbayar," tegas Asep.

Bilamana RS Helsa Cikampek masih  membandel, dirinya juga mendesak agar Komisi I DPRD Karawang dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang segera memanggil pihak rumah sakit untuk mempertanyakan izin pengelolaan limbah medisnya.

"Kalau ada rumah sakit membandel seperti ini, periksa saja semua izin pengelolaan limbahnya. Kemana coba dia (RS Helsa Cikampek) selama ini membuang limbah medisnya. Jika terbukti bersalah, cabut saja izin operasionalnya sekalian, biar jadi contoh untuk rumah sakit swasta yang lain," imbuhnya.

Kata Asep, dalam hal ini butuh ketegasan pemkab melalui dinas terkait untuk menertibkan dugaan rumah sakit membandel seperti RS Helsa Cikampek. Jika tidak secepatnya diproses, maka akan semakin banyak bermunculan rumah sakit swasta yang membandel.

Foto : Gedung Wakil Rakyat Kabupaten Karawang.

"Kita lihat saja mereka para pejabat Pemkab dan wakil rakyat di gedung DPRD Karawang, akan berpihak kepada siapa. Kalau mereka mau bekerja untuk rakyat, seharusnya sudah dari kemarin-kemarin RS Helsa Cikampek dipanggil. Intinya jangan cuma Omong Doang (Omdo) deh" pungkasnya. (Irfan)