= DPC Pagar Nusa Kabupaten Karawang Gelar Dialog Kebangsaan dan Deklarasi Toleransi Lintas Agama - Nuansa Metro

DPC Pagar Nusa Kabupaten Karawang Gelar Dialog Kebangsaan dan Deklarasi Toleransi Lintas Agama


Foto : Ketua Pagar Nusa Kabupaten Karawang, H. Abdul Halim.

www.nuansametro.co.id - Klari 
Bertempat di Aula Desa Duren Kecamatan Klari, DPC Pagar Nusa Kabupaten Karawang menggelar dialog Kebangsaan dan Deklarasi Toleransi Lintas Agama dengan Tema "Toleransi dalam ancaman?", dengan menghadirkan Zastrouw Al Ngatawi sabagai Narasumber, Sabtu (5/6/2021)

Dialog kebangsaan yang dimoderatori oleh KH.Emay Ahmad Maehi ini dihadiri oleh perwakilan tokoh dari lintas agama, Ketua GP Anshor Karawang, Ketua KNPI Karawang, Gusdurian Karawang, tokoh masyarakat desa duren dan masyarakat umum.

H.Abdul Halim atau yang akrab disapa Ebeh Halim selaku Ketua Pagar Nusa Karawang dan juga menjabat sebagai kepala desa Duren, mengatakan bahwa dirinya menginisiasi dialog kebangsaan ini, karena ada kekhawatiran karena saat ini toleransi di Indonesia sedang mengalami degradasi atau toleransi sedang terancam.

"Semoga dengan adanya dialog kebangsaan ini bisa menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme dan semangat toleransi dalam beragama berbangsa dan bernegara,"  ujarnya.

Ebeh Halim mengutarakan, selama ini pihaknya sudah menerapkan rasa saling menghormati dan toleransi beragama dimasyarakat desa Duren.

 "Dimana kami memberikan kebebasan beragama dan kebebasan beribadah, alhamdulillah hingga saat ini keamanan dan ketertiban masyarakat  diwilayah desa Duren selalu kondusif, tidak pernah terjadi gesekan atau konfilik antar agama, suku maupun antar golongan,"  tuturnya.

Ebeh pun berharap di desa-desa lain pun bisa melaksanakan kegiatan dialog kebangsaan seperti ini, agar bisa memperkuat persatuan kesatuan bangsa, memperkuat nasionalisme dan menjungjung tinggi toleransi serta dapat mengkikis radikalisme dan intoleran dikehidupan bermasyarakat.

Dialog diakhiri dengan pembacaan doa  untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Karawang khususnya dan bangsa Indonesai pada umumnya, yang dipanjatkan oleh masing masing para pemuka agama. (Irfan/Jhon)