= PHE-ONWJ Akhirnya Tuntaskan Pembayaran Kompensasi Terhadap Warga Tanjung Pakis - Nuansa Metro

PHE-ONWJ Akhirnya Tuntaskan Pembayaran Kompensasi Terhadap Warga Tanjung Pakis


Pembayaran kompensasi final kepada warga yang terdampak tumpahan minyak oil Spill di wilayah Kabupaten Karawang.

www.nuansametro.com -Karawang, 
Tim Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE-ONWJ) mengeluarkan anggaran sebesar Rp72,16 miliar untuk pembayaran kompensasi final kepada ribuan warga yang terdampak tumpahan minyak oil Spill di wilayah Kabupaten Karawang.

Mereka yang menerima kompensasi final itu adalah yang berprofesi, mulai dari kelompok nelayan sebanyak 7.095 orang, kelompok wisata bahari 1.146 dan Kelompok Pengolah dan Pemasaran Perikanan (Poklahsar) sebanyak 2.138 orang.

Pelaku wisata yang terdampak tumpahan minyak YYA-1 milik Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE-ONWJ) menerima kompensasi dampak dari tumpahan minyak oil Spill total dari keseluruhan pembayaran final untuk ketiga profesi tersebut cukup lumayan besar yaitu Rp72,16 miliar dengan transfer yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan kapasitas transfer di setiap bank Himpunan Bank Negara (Himbara), hasil rilis Rabu (31/03/2021).

Sementara itu, Ajas (50) salah satu warga Desa Tanjungpakis, mengatakan Pembayaran kompensasi final ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya warga Desa Tanjungpakis, mengingat proses yang panjang dan memakan waktu yang cukup lama.

Selain itu, pembayaran kompensasi ini dilakukan dengan menggunakan prinsip kehati-hati an dimana proses verifikasi data dilakukan sesuai dengan mekanisme peraturan perundang-undangan.

“Kami mengucapkan terimakasih sekali kepada PHE-ONWJ yang sudah menepati janji untuk melakukan pembayaran kompensasi final di akhir bulan ini. mengingat hal ini memang sudah ditunggu oleh masyarakat,” 

Menurut dia, pembayaran kompensasi dilakukan setelah melalui beberapa tahapan seperti uji petik dan verifikasi untuk mendapatkan informasi terkait keabsahan data warga penerima kompensasi bersama tim Kelompok Kerja (Pokja) Desa, serta di dampingi oleh tim Pokja Kabupaten Karawang. Tim Ahli dari Institut Pertanian Bogor (PPLH IPB), Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Tim Kejaksaan Agung RI.

Ia mengatakan pararel dengan pembayaran tiga profesi seperti (nelayan, Poklahsar dan wisata bahari) Selanjutnya saat ini juga sedang menunggu dilakukan verifikasi bukti kepemilikan lahan bagi profesi budidaya atau tambak. infonya pembayaran akan dilakukan setelah verifikasi selesai.

Desa Tanjungpakis Kecamatan Pakisjaya kabupaten Karawang. salah satu wilayah yang terdampak tumpahan minyak oil Spill YYA-1 PHE-ONWJ, dalam menunggu proses pembayaran kompensasi lanjutan tercatat 1.429 orang terdiri dari kelompok nelayan, kelompok pedagang wisata bahari dan poklahsar, akhirnya bisa terselesaikan dalam tahapan gelombang C.

Di tempat terpisah, Si'an (50) salah satu penerima kompensasi warga dari Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya. menuturkan Senin (03/05/2021), mengucapkan ribuan terimakasih kepada pihak PHE-ONWJ yang telah menepati janjinya dengan membayar kompensasi kepada warga masyarakat terdampak.

"Walaupun saya harus mengambil rekening bank nya saat itu harus ke kota Karawang dan syukur alhamdulillah sepulang dari sana langsung bisa di cairkan sendiri," ujarnya.

Hal Senada, yang di ucapkan, Ne'an (45). warga nelayan, Dusun Bungin Rt 002/001 Desa Tanjungpakis. yang juga menerima kompensasi pembayaran final. dia mengaku pembayaran final yang telah dilakukan pihak  PHE-ONWJ pada akhir bulan ini dan sudah terealisasikan.

"Alhamdulillah apa yang dia dapat hari ini merupakan sebuah bentuk tanggung jawab yang dijalankan oleh pihak PHE-ONWJ dan saya rasa ini adalah bentuk keseriusan dari PHE-ONWJ,” tutupnya. (Ojak)