= Hoax, Video Vaksin Covid Mengandung Magnet - Nuansa Metro

Hoax, Video Vaksin Covid Mengandung Magnet


Foto : Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers daring, pada Jumat (28/5/2021).

www.nuansametro.co.id - Jakarta
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa vaksin Virus Corona (Covid-19) tidak mengandung magnet.

Sebelumnya, beredar video seseorang menunjukkan uang koin logam bisa menempel di lengan di titik bekas suntikan vaksin Covid-19.

"Perlu diketahui bahwa vaksin tidak mengandung magnet. Koin bisa saja menempel di kulit karena adanya keringat yang diproduksi secara alami oleh kulit manusia dan gaya gesek lainnya," kata Wiku dalam konferensi pers daring, pada Jumat (28/5/2021).

Wiku mengatakan gaya gesek dan keringat dapat menimbulkan gaya magnet sehingga membuat koin menempel di lengan orang tersebut.

Dirinya lantas mengimbau agar masyarakat tidak langsung menyebar informasi yang tidak valid tanpa mengkonfirmasi kebenarannya terlebih dahulu. Terutama mengenai hal yang berkaitan dengan misi pemerintah menanggulangi pandemi, yakni vaksinasi.

Wiku menegaskan, menyebarkan informasi bohong atau hoaks tentang vaksinasi berpotensi menghambat upaya pemerintah menanggulangi pandemi.

"Sama saja dengan menyebarkan berita bohong atau hoaks. Dan itu tentunya akan menghambat upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia," tegasnya.

Disebuah video yang beredar dan menjadi sorotan di media sosial. Seseorang menunjukkan uang koin logam Rp1.000 bisa menempel di titik bekas suntikan vaksin Covid-19. (Ts)

Posting Komentar untuk "Hoax, Video Vaksin Covid Mengandung Magnet"