= Pemerintah Desa Rangdu Mulya Gelar Bimtek Pemutahiran Data SDGs - Nuansa Metro

Pemerintah Desa Rangdu Mulya Gelar Bimtek Pemutahiran Data SDGs


Acara Bimtek di Desa Rangdu Mulya, Pedes.

www.nuansametro.com- Pedes
Pemerintah desa rangdumulya melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pemutahiran data SDG's Desa dan Idm yang bertempat di aula Desa Rangdu Mulya, pada Sabtu, (10/4/2021)

Pjs Kepala Desa Rangdu Mulya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang, Lukman, S.Pd saat di temui nuansa metro mengatakan dalam pemutahiran data SDG's Desa, dibentuk relawan pendataan sebanyak 12 orang yang terdiri dari pegawai Desa dan masyarakat, data ini sangat penting bagi desa, karena akan memotret desa apakah desa ini masuk ke katagori desa tertinggal, berkembang atau maju.

"Bintek ini di fasilitasi oleh tenaga pendamping profesional Kecamatan, instruktur dari tenaga ahli Kabupaten yaitu Aat safat serta pendamping Desa" Kata Lukman.

Menurutnya, relawan pendataan harus mengunakan hp android, dikarenakan setelah mendata di lapangan relawan  harus mengirim via aplikasi SDG's Desa.

Sementara Ade Permana selaku pendamping Desa menjelaskan, bahwa pemberdayaan pemutahiran data berbasis SDG's Desa adalah pemutahiran data IDM yang lebih detail lagi, lebih mikro sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak, ini sebagai proses perbaikan, serta ada pendalaman data-data pada level RT, Keluarga, dan warga masyarakat.

"Untuk Pokja relawan pendataan desa ini merujuk kepada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 21 tahun 2021 tentang pedoman umum pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa" jelas Ade.

Kata Ade, Pokja Relawan Desa yang terlibat dalam pendataan ini dari unsur pemdes dan unsur masyarakat, yang mana di Pokja relawan ini di SK kan oleh Kepala Desa, dan untuk kegiatan ini dimulai dari tanggal 1 maret s/d 31 Mei 2021. (Aziz).