= DLHK Karawang Kembali Adakan Program Penghargaan Adiwiyata Untuk Sekolah Dari Berbagai Tingkatan - Nuansa Metro

DLHK Karawang Kembali Adakan Program Penghargaan Adiwiyata Untuk Sekolah Dari Berbagai Tingkatan



Melie Rahmawati, Kabid PPPKL DLHK Karawang.

www.nuansametro.com- Karawang
Melalui Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup (GPBLN) tahun 2021 ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang kembali mengadakan program penghargaan Adiwiyata untuk sekolah-sekolah dari berbagai tingkatan mulai SD, SMP, SMA/SMK baik sekolah negeri maupun swasta, dan juga sekolah dari keagamaan Madrasah, Tsanawiyah dan Aliyah.

Melie Rahmawati selaku Kabid Pengendalian Pencemaran Perusakan dan Konservasi Lingkungan (PPPKL) DLHK Karawang, menjelaskan bahwa Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. 

"Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif," ujar Melie ketika ditemui nuansametro.com diruang kerjanya, Kamis (8/4/2021)

Tujuan Program Adiwiyata yaitu untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian  hari siswa/siswi sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. 

Program Adiwiyata harus berdasarkan norma  norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. 

Untuk merealisasikan upaya menciptakan sekolah yang berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan sebagai lembaga pendidikan yang peduli lingkungan hidup yang bersih dan sehat, maka dicanangkanlah program Adiwiyata Sekolah. 

"Adiwiyata adalah salah satu program kementrian lingkungan hidup bekerja sama dengan kementrian pendidikan nasional dalam rangka mendorong terciptanya pengetetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk ikut bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan hidup yang bersih dan sehat," tegas Melie.

Indikator penilaian sekolah penerima Adiwiyata ini yaitu kebersihan dilingkungan sekolah, fasilitas alat kebersihan, penghijauan dilingkungan sekolah, dsb. 

"Sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata akan mendapatkan sertifikat adiwiyata dari Pemerintah Kabupaten Karawang dan akan mendapat bantuan seperti tong sampah, alat kebersihan, pohon untuk penghijauan dilingkungan sekolah lalu akan diikutsertakan pada penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi dan Nasional, hingga saat ini kami masih membuka kesempatan bagi sekolah sekolah yang ingin ikut serta dalam Program Adiwiyata ini," pungkasnya. (Irfan)

Posting Komentar untuk "DLHK Karawang Kembali Adakan Program Penghargaan Adiwiyata Untuk Sekolah Dari Berbagai Tingkatan"