= Program Prioritas AKBP Rama Samtama Putra Untuk Ciptakan Kamtibmas Di Kabupaten Karawang - Nuansa Metro

Program Prioritas AKBP Rama Samtama Putra Untuk Ciptakan Kamtibmas Di Kabupaten Karawang



Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra, saat diwawancarai oleh nuansametro.com, diruang kerjanya, Selasa (16/3/2021).

www.nuansametro.com- Karawang
Polres Karawang dibawah kepemimpinan AKBP Rama Samtama Putra, yang baru menjabat lebih kurang 5 bulan ini, sepertinya akan membawa perubahan yang signifikan dan akan diraskan langsung oleh masyarakat Karawang.

Bagaimana tidak, sebuah program yang baik dan bermanfaat itu dalam waktu dekat akan dikemas oleh Polres Karawang yang bekerja sama dengan pihak terkait yang ada di Karawang.

Seperti rencana pemasangan alat CCTV dibeberapa tempat yang cukup strategis. Polres Karawang dibawah komando AKBP Rama, berpikir bagaimana mengoptimalkan di Karawang agar situasi Kamtibmas berjalan baik sesuai harapan masyarakat Karawang.

"Di Karawang ini kan memang ada dipasang CCTV namun cuma beberapa buah, tapi ada juga berapa yang tidak hidup. Rencana saya, akan pasang 28 titik CCTV, diantaranya di kawasan industri, sama wilayah perkotaan" papar Rama.

Menurut Rama, hal itu untuk memonitor, memenejemen transportasi, pelanggaran, kecelakaan, kemacetan, termasuk pelanggaran pidana. 

"Sehingga kita mata-matanya ada, tahap awal itu 28 titik. Itu akan terintegrasi, saya konekkan dengan dinas Perhubungan Karawang. Sehingga nanti maintenance nya setiap tahun, saya minta di dinas perhubungan. Untuk saat ini, kita dengan pengadaan sendiri dan swadaya, juga CSR dengan perusahaan" jelasnya.

Kata Kapolres, itu nanti semua dengan dilengkapi sistem hibah, itu pun kalau dikasih. 

"Tapi Insyaa Alloh, mudah-mudahan dikasih. Ini yang akan saya tunjuk kan. O, iya, kita juga akan membuat aplikasi Karawang Tangguh (tanggap, kumpul dan humanis). Semoga nanti seluruh masyarakat yang ada di Karawang, dapat menginstal aplikasi ini. Tapi ini belum saya launching. Dalam aplikasi ini, nantinya seluruh pelayanan kepolisian berada dalam satu genggaman" katanya.

Kapolres pun memperlihatkan aplikasi yang ada di Android nya. Misalkan, masyarakat ingin mengetahui pelayanan kepolisian tentang lalu lintas, tentang SIM online, semua itu ada di aplikasi tersebut. 

"Itu akan terealisasi kan. Sekarang sedang dalam perbaikan. Nanti semua pelayanan apapun ada, termasuk mau tahu tentang Intel, SKCK on-line. Dan Ini tidak hanya pelayanan kepolisian saja, ini juga kita siapkan fitur pengaduan. Seperti masyarakat ingin mengadukan apa, tinggal masukkan di apliksi ini. Semuanya nanti akan kita kelola di komen center" tegasnya.

 Lebih lanjut, Rama pun memaparkan, bahwa Ini semua sebagai itikad Polri dalam mengusung jargon Presisi yaitu (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan). Dalam aplikasi itu juga menjawab dan merespon setiap pengaduan masyarakat. 

Di aplikasi itu juga, ada aplikasi agama, terkait konsultasi agama ini, nantinya akan  menggandeng tokoh-tokoh ulama yang ada di Kabupaten Karawang. Tentunya, yang siap untuk memberikan jawaban, kalau ada warga yang bertanya minta tauziah, tanya tentang hukum, dalil, hadist. 

Polres juga akan menginventarisir para ulama yang ada di Karawang. Saat ini sedang dimatangkan, siapa-siapa saja tokoh ulama nya. Juga, Aplikasi yang baik untuk masyarakat Karawang, adalah aplikasi Usaha Ku, dunia usaha dan ekonomi. 

"Misalkan saya punya budidaya tanaman buah mangga, saya bingung mau jual dan memasarkan nya, disini sangatlah mudah, tinggal poto produk kita dan masukkan produk kita ke aplikasi Usaha. Jadi kita dapat memanfaatkan untuk usaha jual beli produk. Aplikasi ini bermanfaat bagi masyarakat yang punya usaha UMKM" 
Terang Kapolres.

Di aplikasi Karawang Tangguh ini, juga ada nomor-nomor penting. Ada juga aplikasi City Guide (peta). Juga Pelayanan darurat, pelayanan darurat ini seperti Panic Button. Misalkan ada warga yang kena begal, lalu pencet aplikasinya, nanti alarm di Kapolres akan berbunyi.

"Ketika korban begal itu memijit aplikasi itu, alarm yang ada di saya akan bunyi. Notifikasi ini akan masuk, dan posisi orang itu akan terdeteksi ada dimana, nanti akan kita proses dengan patroli live 360, patroli live 360 itu, di masing-masing mobil patroli memiliki GPS terkoneksi di komen center, mana yang terdekat untuk mendatangi TKP, yang mengalami kejadian darurat itu" terang Kapolres.

Harapan Kapolres, dengan aplikasi Karawang Tangguh ini, nanti Karawang bakal punya wajah baru. 

"Polres Karawang ini benar-benar mengoptimalkan IT untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Karawang" Pungkasnya. (Endang Nupo)

Posting Komentar untuk "Program Prioritas AKBP Rama Samtama Putra Untuk Ciptakan Kamtibmas Di Kabupaten Karawang"