= Peternak Bebek Asal Tirtajaya, Abdul Rohim Berharap Pemerintah Daerah Memberikan Perhatian Atas Usahanya Di Saat Pandemi - Nuansa Metro

Peternak Bebek Asal Tirtajaya, Abdul Rohim Berharap Pemerintah Daerah Memberikan Perhatian Atas Usahanya Di Saat Pandemi


Peternak Bebek Asal Tirtajaya, Abdul Rohim

www nuansametro.com- Tirtajaya
Ditemui dirumahnya yang berdekatan dengan area persawahan, yang saat ini sedang tergenangi air akibat curah hujan yang sangat lebat dalam waktu beberapa hari ini.

Abdul Rohim, Peternak bebek asal Kedung Asem Desa Srikamulyan kecamatan Tirtajaya ini, berharap musim penghujan cepat berlalu, dan banjir yang merendam area pesawahan segera menyusut. Pasalnya, kalau kondisi area pesawahan masih terendam banjir, ternak bebeknya butuh makan, yaitu dengan mencarinya di area pesawahan.

"Kalau lagi musim panen banyak sisa sisa padi yang menjadi santapannya, akibat air hujan yang tak kunjung surut di area pesawahan yang hampir tiga minggu ini, ternak bebeknya tidak bisa mencari makan" ujar Rohim.

Menurut Rohim, selama musim penghujan ini, 450 ekor ternak bebek yang dimilikinya, tiap hari hanya menghasilkan 5 sampai 10 butir telur bebek. Padahal usaha peternakan ini, adalah usaha satu-satunya untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya bagi keluarganya.

"Kalau bebek-bebek tidak mendapatkan pakan yang cukup, otomatis pendapatan akan berkurang. Kalau seperti ini terus, bisa-bisa untuk makan saja tidak ada" keluhnya.

Leebih lanjut Rohim mengungkapkan, dirinya tinggal dikampung Srikamulyan sudah hampir 21 tahun. Dirinya pun mengakui, semenjak menjadi peternak tidak pernah mendapatkan bantuan berupa modal untuk usaha ternaknya dari pemerintah. 

"Jangankan untuk bantuan modal, bimbinganpun dari dinas peternakan tidak pernah ada sama sekali. Padahal peternak seperti saya ini sangat membutuhkan bimbingan ataupun modal dari dinas terkait ataupun dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Semuanya Nol" sesal Rohim.

Ditempat terpisah, Mandor Sanin tokoh masyarakat setempat menyesalkan dengan tidak adanya perhatian pemerintah kepada para usaha kecil peternak bebek seperti Abdul Rohim. 

"Pemerintah mestinya peduli juga kepada para peternak bebek seperti Abdul Rohim. Harusnya UPTD peternakan Karawang memberikan bimbingan teknis, agar penghasilan telor dan ternak bebeknya meningkat dan dapat bertahan dalam situasi sulit seperti ini. Jangan malah dibiarkan" ucapnya.

Mandor Sanin juga, berharap kepada jajaran aparatur pemerintah Desa,  harus bertindak lebih serius dalam penanggulangan air yang terus mengenangi pesawahan. Bila perlu giatkan kerja bakti kepada masyarakat, agar musim tanam padi segera terlaksana. (Agus)

Posting Komentar untuk "Peternak Bebek Asal Tirtajaya, Abdul Rohim Berharap Pemerintah Daerah Memberikan Perhatian Atas Usahanya Di Saat Pandemi"