= Aliansi Relawan Cikampek (ARC) Gelar Pengobatan Gratis dan Trauma Healing Untuk Anak-anak Korban Banjir - Nuansa Metro

Aliansi Relawan Cikampek (ARC) Gelar Pengobatan Gratis dan Trauma Healing Untuk Anak-anak Korban Banjir



Aliansi Relawan Cikampek (ARC) mengadakan pengobatan gratis dan trauma healing untuk anak anak korban banjir, Minggu (14/3/2021).

www.nuansametro.com- Telukjambe
Paska banjir yang melanda Desa Kalangligar Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang menyisakan banyak problematika di tatanan kehidupan masyarakat, mulai dari trauma, penyakit, kerusakan tempat tinggal hingga kehilangan harta benda.

Untuk membantu masyarakat desa Kalangligar dimasa paska banjir, sejumlah relawan dan komunitas yang tergabung dalam Aliansi Relawan Cikampek (ARC) mengadakan pengobatan gratis dan trauma healing untuk anak anak korban banjir, minggu (14/3/2021)

Novia Elin ketua panita pengobatan gratis dan trauma healing dari ARC menuturkan, dalam menanggulangi bencana, banjir bukan hanya ketika banjir tinggi saja, ketika air meluap kita beramai-ramai membantu dengan bantuan logistik, pakaian, uang dan lain-lain. Tapi ketika air surut atau pasca banjir ditinggal begitu saja, ini yang harus di edukasikan kepada para  relawan dan masyarakat bahwa pasca banjir justru banyak menyisakan trauma dan timbul penyakit bagi masyarakat terdampak banjir. 

"Nah disinilah kita harus berperan dengan mengadakan Trauma Healing dan Pengobatan gratis untuk membantu menanggulangi pasca banjir dibeberapa wilayah terdampak banjir, selain didesa kalangligar sebelumnya kami melaksanakan pengobatan gratis dan trauma healing di Cilamaya, Cikampek, Pusakanegara dan Pamanukan" ujar Novia.

Novia Elin menambahkan paska banjir ini masyarakat banyak yang terserang penyakit, mulai dari gatal-gatal, diare, pusing, pegal-pegal dll. 

"Pengobatan gratis ini menjadi solusi untuk masyarakat terdampak memeriksakan kesehatannya secara gratis dan mudah sehingga masyarakat yang terserang penyakit bisa terobati, untuk pengobatan gratis ini kami bekerjasama dengan tim medis dari RS Izza Cikampek," ungkapnya

Selain pengobatan gratis, trauma healing untuk anak anak korban banjir tidak kalah pentingnya karena bencana banjir ini menimbulkan banyak trauma psikologis dikalangan anak-anak banyak. Anak-anak menjadi takut ketika hujan turun atau khawatir ketika mendengar suara air.

Trauma healing merupakan upaya mengurangi rasa cemas dan khawatir yang dialami anak-anak setelah bencana banjir.  

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti untuk anak-anak, diharapkan akan ada program lanjutan yang ditujukan untuk remaja dan dewasa. Anak-anak terlihat senang dan antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, tidak lupa acara ini dilakukan dengan protokol kesehatan,"tegas Novia Elin.

Pembagian sembako untuk masyarakat Desa Kalangligar menutup rangkaian kegiatan pengobatan gratis dan trauma healing ARC didesa Kalangligar.

"Semoga kegiatan kami ini  diridhai oleh Allah SWT dan bisa menjadi contoh untuk relawan atau komunitas lainnya untuk membantu masyarakat dimasa paska banjir," pungkasnya. (Irfan)