= Warga dan Pedagang Tuding Pemda Karawang Tidak Becus Ngurusin Polemik dan Sampah di Pasar Pemda 1 Cikampek - Nuansa Metro

Warga dan Pedagang Tuding Pemda Karawang Tidak Becus Ngurusin Polemik dan Sampah di Pasar Pemda 1 Cikampek



Warga Sekitar dan Pedagang Pasar Pemda 1 Cikampek Jengkel, Sampah Sudah Bau Busuk Tidak Pernah Diangkut.

www.nuansametro.com- Cikampek
Puluhan warga Cikampek Selatan Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang melakukan aksi protes meminta kepada pengelola pasar untuk segera mengangkut sampah yang telah menumpuk selama 2 bulan di tempat penampungan sampah pasar Pemda 1 Cikampek.

Sofyan warga dari Cikampek Selatan  mengatakan agar Pemda Karawang dan pengelola pasar pemda untuk segera mengangkut sampah yang telah menumpuk.

"Bau sampah yang sangat menyengat telah mengganggu kenyamanan Kami warga sekitar pasar. Jangan suguhi kami setiap harinya dengan bau busuk sampah" katanya.

Diterangkan sofyan bahwa air dari tumpukan sampah tersebut mengalir ke pemukiman warga. Bukan hanya menimbulkan bau, dikhawatirkan lama kelamaan ini akan menyebabkan penyakit apalagi situasi pandemi seperti ini akan bisa  menimbulkan penyakit corona.

Sementara Kasim pedagang di pasar pemda mengeluhkan tentang kinerja pengelola (PT Celebes), bahwa pungutan retribusi selama ini di pungut oleh PT. Celebes namun pelayanan tentang kebersihan tidak berjalan.

"Pungutan Retribusi lancar dari pedagang, tapi sampah sudah 2 bulan ini tidak diangkat, lihat saja tumpukan sampah sudah setinggi itu. Bau busuknya sangat menyengat dan membuat pening kepala", kesal Kasim.

Kemudian Ia juga meminta kepada pihak Pemerintah Daerah Karawang dan pengelola pasar pemda 1 Cikampek (PT. Celebes) untuk secepatnya menyelesaikan persoalan sampah ini. jangan sampai terbengkalai dan berlarut-larut begini. 

"Jangan hanya cuma bisanya menarik retribusi saja. Tolong dong perhatikan tentang kebersihan nya juga. Retribusi ditarik, tapi sampah dibiarkan!" tegasnya saat diminta keterangannya, Selasa (2/2/2020). 

Padahal kata dia, sebelumnya para pedagang sudah menyampaikan keluhan berkaitan sampah ke pihak pengelola (PT. Celebes) namun tidak ada tanggapan.

"Jawabnya cuma iya, iya saja, padahal kami telah memenuhi kewajiban membayar retribusi setiap hari. Pihak pengelola tidak becus mengelola karena tidak ada perhatiannya pada sampah ini. Bupati dalam hal ini jangan diam dong" ujarnya.

Dia pun mengusulkan, agar Bupati untuk mengagendakan pelantikannya  dilangsungkan di pasar Cikampek. Agar Bupati dapat melihat langsung kondisi pasar tersebut.

Dia menambahkan, apabila hal sampah tersebut terus dibiarkan, pihaknya (para pedagang, warga lingkungan sekitar pasar) akan melakukan akan demo besar-besaran ke Pemda Karawang.

"Tolonglah kepada pemerintah dan pengelola, minta dibereskan sampah pasar ini secepatnya. Masa ngurusin sampah saja gak becus" pintanya 

Hal senada disampaikan perwakilan warga Cikampek Timur Udin, dia mengatakan, merasa keberatan dengan adanya kondisi sampah yang dibiarkan  begitu saja. 

"Saya heran, kenapa sih Pemerintah Daerah gak becus ngurusin polemik di pasar Pemda 1 Cikampek ini. Sampai urusan sampah saja sesulit ini?" Ucap Udin. (Adnan)