= Pemkab Way Kanan Sambut Kedatangan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Propinsi Lampung - Nuansa Metro

Pemkab Way Kanan Sambut Kedatangan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Propinsi Lampung



Penyambutan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Lampung Secara Virtual.

www.nuansametro.com-Way Kanan
Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan menyambut kedatangan Tim Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung, Interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2020, pada Rabu (27/01/2021).

Acara penyambutan tersebut, dilaksanakan dan dipimpin langsung oleh Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, SH. MM, dengan didampingi Sekda Way Kanan, Saipul, Staf Ahli, Para Asisten, Sekretaris DPRD, Kepala Badan, Dinas, Kantor, dan Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, SH.MM menyampaikan bahwa pada acara hari ini dirinya memakai pengantar pidato menggunakan bahasa Lampung Way Kanan, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Penggunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

Mengawali sambutannya, atas pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Raden Adipati mengucapkan selamat datang kepada Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Lampung di Kabupaten Way Kanan, dalam rangka Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan saat ini secara virtual.

"Mohon kiranya kepada Tim BPK RI ini tentunya dapat memberikan masukan sekaligus dapat memberikan koreksi terhadap kinerja atas penerapan mekanisme pelaksanaan APBD Kabupaten Way Kanan," ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa kegiatan pemeriksaan ini merupakan salah satu dari aktivitas manajemen yang harus terlaksana dengan baik dan benar, sehingga terwujud mekanisme kerja yang sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Terkait dengan agenda pemeriksaan Interim LKPD Tahun Anggaran 2020, hal ini merupakan tugas negara dalam rangka pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2020. Untuk itu, agar seluruh jajaran Pemerintah Daerah harus serius dan proaktif terhadap permintaan dokumen serta keterangan dan penjelasan yang dibutuhkan. 

Lanjutnya, mempersiapkan seluruh data-data yang dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan audit yang akan dilakukan Tim BPK RI. Terutama pimpinan perangkat daerah, diharuskan hadir langsung dan tidak mengirimkan perwakilan.Tim BPK RI dan hadirin yang saya hormati, 

Dirinya mewakili Pemerintah Kabupaten Way Kanan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Lampung dan jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan memberikan Opini WTP 10 kali berturut-turut. 

"Harapan kami, semoga tahun ini Pemerintah Kabupaten Way Kanan kembali dapat mempertahankan opini WTP yang telah kita raih selama ini," imbuhnya.

Adipati juga menyampaikan kepada Tim BPK, selama dalam proses audit, mulai entry meeting, exit meeting sampai dengan penyerahan hasil audit, apabila terdapat tanggapan yang kurang dan menjadikan tidak berkenan, pihaknya meminta maaf yang sebesar-besarnya. 

"Kepada Tim BPK, Saya ucapkan selamat bekerja, dan sekali lagi saya berharap kepada seluruh pimpinan perangkat daerah agar kooperatif dalam proses pemeriksaan nanti," Tutupnya. (Indera)